Ini Tanggapan Timnas Indonesia Terkait Kepimpinan Wasit di Laga Semifinal Piala AFF 2016!

Agen Bola –   Beberapa keputusan wasit asal Australia, Gillet Jarred Gavan, yang memimpin laga Timnas Indonesia melawan Vietnam dalam leg pertama babak semifinal Piala AFF 2016, Sabtu (3/12), melahirkan banyak perdebatan.

 

Sang wasit sendiri mendapatkan suara yang tidak mengenakan dari suporter Indonesia saat laga berlangsung di Stadion Pakansari lantaran banyak memberikan keputusan yang tidak adil dan merugikan Timnas Indonesia.

Tercatat ada empat keputusan yakni pertama saat memberikan hukuman penalti kepada Indonesia setelah Beny Wahyudi dianggap melakukan dorongan kepada Le Cong Vinh. Padahal, dorongan tersebut tidak sengaja dilakukan Beny.

Selanjutnya Luong Xang Truong hanya diberikan kartu kuning meski melakukan pelanggaran keras kepada Manahati Lestusen.Ketiga tendangan Boaz Salossa mengenai tangan pemain belakang Vietnam tetapi wasit Gillet tak memberi penalti kepada Indonesia.Terakhir wasit asal Australia ini tidak mengangkat bendera offside setelah ada empat pemain Vietnam yang sebenarnya sudah berada dalam posisi offside.

Riedl sendiri tidak terlalu peduli mengenai ini dan menolak berkomentar. “Saya tidak ingin mengomentari keputusan wasit. Saya berada jauh, sehingga tidak melihat dengan jelas. Kami harus melihat video, kemudian menganalisis dan berkomentar,” kata Pelatih Alfred Riedl selepas laga.

Sementara itu pemain Indonesia yakni Andik Vermansyah berharap kejadian serupa tidak terulang dibabak kedua maka dari itu ia menyarankan agar wasit kedepannya lebih teliti.“Permainan kasar, wajar sekali. Sepatutnya Vietnam mendapatkan kartu merah. Wasit harus lebih teliti lagi,” ucapnya kepada wartawan seusai pertandingan.